Sains Rusia, dengan cinta dan kepahitan


Pada akhir Agustus 1992, saya datang dengan keluarga saya untuk East Lansing,Michigan, untuk mengambil pekerjaan sebagai seorang profesor tamu diMichigan State University (MSU). Aku tidak mengharapkan di bahwa bekerjawaktu bahwa ini akan menjadi seumur hidup, tetapi MSU menjadi rumah barudan aku masih di sini.


Sebelum itu saya bekerja selama bertahun-tahun di salahsatu yang terbaik (saya percaya itu adalah yang terbaik, tapi aku tidak bias)institusi ilmiah dari bekas Uni Soviet, Budker Institut Fisika nuklir (BINP) diNovosibirsk. Di Siberia, aku meninggalkan bagian besar dari hidup saya: 

Institutterkenal dan teman dekat. Perasaan saya cinta dan nostalgia dicampur dengankepahitan menyakitkan mengenai apa yang terjadi dengan dasar ilmu di Rusia.
Dua puluh tahun yanglalu, rekan saya dari BINP, Valentin Sokolov dan diterbitkan dalam jurnal Jerman Physikalische Bl├Ątter, [vol. 50, edisi 6, p. 577(1994)] artikel dengan judul (dalam terjemahan bahasa Inggris) "Rusia: akanbertahan ilmu?". Dalam kalimat pertama kita mengakui bahwa "ilmu dasar Rusiaadalah sekarang menyakitkan sekarat." Sekarang, pada tahun 2014, sebagai salah satu Rusia wartawan mengatakan "pasien masih hidup meskipun kondisiyang tidak menguntungkan untuk keberadaan-nya."

Situasi sekarang telah menjadi benar-benar penting karena perubahan terbaruyang disebut Rusia Akademi Ilmu (RAS) dan situasi politik yang umum di negara.Sayangnya, selama dua dekade kepemimpinan RAS tidak membuat perubahanserius dan benar-benar diperlukan. 

Ketika kami menulis pada tahun 1994, RASitu sendiri, bertentangan dengan status resmi sebagai masyarakat umum dengan keanggotaan oleh pemilihan, tumbuh menjadi organisasi berat besar dengan birokrasi staf sangat meningkat; mayoritas ilmuwan "non-anggota ''tidak punya cara untuk mempengaruhi keputusan pimpinan Akademi;kesenjangan dalam ketidakpercayaan dan bahkan konfrontasi dibuka secara luasantara ilmuwan "hierarkhi" dan Jenderal ilmiah.
Ilmu-ilmu dasar selalu punya rumah mereka alami di RAS, tetapi selamabertahun-tahun mereka memiliki tingkat yang sangat rendah dukungankeuangan.

Lebih buruk lagi adalah situasi di penelitian Universitas (yang sangat sebagian kecil dari semua Universitas). Kurang dari 20 persen dari semua dosenuniversitas melakukan pekerjaan ilmiah. Anggaran keseluruhan (RAS +Universitas) untuk ilmu dasar adalah kira-kira sama dengan anggaran Harvard.Gaji ilmuwan, terpisah dari anggota Akademi, biasanya cukup rendah, terutamadi awal karir mereka. Ini mendorong orang-orang muda berbakat dari ilmu pengetahuan. Dana yang tersedia untuk kolaborasi internasional dan jurnallangganan sangat terbatas.

Ketiadaan lengkap program yang konsisten untuk restrukturisasi Akademi danpembangunan ilmu di negara bisa terus untuk waktu yang lama. Tahun lalukerajaan ini tidur terbangun oleh reformasi yang tak terduga dari atas.Reformasi ini, yang dilakukan tanpa diskusi awal dengan para ilmuwan membuat situasi lebih buruk lagi. Sekarang, institusi ilmiah telah dihapus dariRAS dan dipindahkan ke sebuah organisasi birokrasi baru yang disebut Federalbadan ilmiah organisasi (FASO). Tidak ada yang tahu bagaimana organisasi ini,yang dipimpin oleh pejabat non-ilmuwan, akan mengatur dan mengarahkan kebijakan ilmiah. Itu seharusnya punya Direktur Lembaga ilmiah bertindak sebagai tsar lokal dan secara pribadi menunjuk Dewan ilmiah dari lembaga,yang sebelumnya dipilih oleh para ilmuwan.

Anggaran diharapkan akandipotong dan di beberapa tempat orang-orang telah berhenti bekerja dan mengantisipasi pengurangan besar. Ini telah terjadi untuk RAS lembaga kemanusiaan (beberapa anggota staf hanya diusir dari tempat mereka, yang kemudian diduduki oleh para pejabat Faso). 

Salah satu bagian yang masuk akaldari reformasi adalah penggabungan Akademi Ilmu Kedokteran dan Akademi Ilmu-ilmu pertanian ke RAS; organisasi organisasi tersebut memiliki gaya yang berbeda dan prestise ilmiah yang lebih rendah.

Sayangnya, gaya seluruh reformasi ini dan beberapa fitur tertentu yangmembawa ke pikiran lain mungkin tujuan: militerisasi dari ilmu pengetahuan.Sangat posisi pejabat telah berulang kali diperlukan bahwa ilmu diarahkan keaplikasi segera, terutama untuk keperluan militer.

Penindasan terhadap para ilmuwan yang secara terbuka mengungkapkan pendapat berbeda terjadisebelum reformasi dan ini tampaknya adalah mengintensifkan sekarang. Iniadalah jelas pertama-tama di lembaga-lembaga non-akademis, khususnya milikdisebut Kurchatov pusat, dipimpin oleh Mikhail Kovalchuk.

Tahun lalu Komite Kebebasan Internasional ilmuwan APS mengirim surat,ditandatangani oleh 2013 APS Presiden Michael Turner, ke Presiden Rusiamengungkapkan kekhawatiran tentang reorganisasi RAS. Dia juga mengirimsurat kepada Kovalchuk atas nama terkemuka fisikawan Leonid Ponomarev(Institut Kurchatov tepat) dan Mikhail Danilov (Institute of Theoreti

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sains Rusia, dengan cinta dan kepahitan"

Post a Comment